Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pak Subroto memilih menginvestsikan uangnya di pasar modal dibandingkan membeli rumah atau perhiasan. Alasan beliau, lebih mudah dicairkan apabila sewaktu-waktu membutuhkan sejumlah uang. Terkait pernyataan tersebut, fungsi pasar modal bagi Pak Subroto merupakan fungsi

Pak Subroto memilih menginvestsikan uangnya di pasar modal dibandingkan membeli rumah atau perhiasan. Alasan beliau, lebih mudah dicairkan apabila sewaktu-waktu membutuhkan sejumlah uang. Terkait pernyataan tersebut, fungsi pasar modal bagi Pak Subroto merupakan fungsi…

A.  likuiditas

B.  tabungan

C.  konsumsi

D.  pinjaman

E.  kekayaan

 

Jawaban : A

Penyelesaian :

Pasar modal memiliki beberapa fungsi utama :

1)  Fungsi Pendanaan (Financing Function): Pasar modal memungkinkan perusahaan untuk memperoleh dana dengan menerbitkan saham atau obligasi. Melalui penjualan instrumen keuangan ini, perusahaan dapat mengumpulkan modal untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

2)  Fungsi Likuiditas (Liquidity Function): Pasar modal menyediakan platform di mana aset keuangan seperti saham dan obligasi dapat dibeli dan dijual dengan relatif mudah. Ini memberikan likuiditas, memungkinkan investor untuk mengonversi aset mereka menjadi uang tunai dengan cepat.

3)  Fungsi Allokasi (Allocation Function): Pasar modal membantu dalam alokasi efisien dari sumber daya ekonomi dengan mengarahkan dana dari investor ke perusahaan dan proyek yang dianggap paling produktif. Ini membantu meningkatkan efisiensi alokasi sumber daya di dalam ekonomi.

4)  Fungsi Harga (Pricing Function): Pasar modal membantu menetapkan harga aset keuangan melalui mekanisme penawaran dan permintaan. Harga yang terbentuk di pasar mencerminkan ekspektasi dan informasi pasar terkini.

5)  Fungsi Pengungkapan (Disclosure Function): Pasar modal mendorong perusahaan untuk memberikan informasi yang akurat dan transparan kepada para pemegang saham dan calon investor. Hal ini meningkatkan kepercayaan investor dan efisiensi pasar.

6)  Fungsi Manajemen Risiko (Risk Management Function): Pasar modal memungkinkan investor untuk mendiversifikasi portofolio mereka, mengurangi risiko investasi dengan menyebar dana mereka di berbagai instrumen keuangan.

Dengan demikian, fungsi pasar modal yang terkait dengan kemudahan pencairan investasi, seperti dalam kasus Pak Subroto, adalah Fungsi Likuiditas

Post a Comment for "Pak Subroto memilih menginvestsikan uangnya di pasar modal dibandingkan membeli rumah atau perhiasan. Alasan beliau, lebih mudah dicairkan apabila sewaktu-waktu membutuhkan sejumlah uang. Terkait pernyataan tersebut, fungsi pasar modal bagi Pak Subroto merupakan fungsi"