Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdasarkan riwayat kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara, tuliskan minimal tiga fakta yang mencerminkan adanya toleransi beragama dalam kerajaan

Berdasarkan riwayat kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara, tuliskan minimal tiga fakta yang mencerminkan adanya toleransi beragama dalam kerajaan?

Jawaban :

Tiga fakta yang mencerminkan adanya toleransi beragama dalam kerajaan:

1.  Pembangunan Candi Borobudur juga melibatkan para pemeluk agama Hindu di wilayah Kedu. Candi Borobudur juga dikelilingi oleh banyak candi Hindu, seperti Selogriyo, Gunung Wukir, Gunung Sari, dan Sengi.

2.  Wajah toleransi juga terlihat pada salah satu relief Karmawibangga di kaki Candi Borobudur. Relief    ini menggambarkan tokoh-tokoh agama memberi wejangan dan melakukan tapa. Tidak semua dari mereka biksu, ada juga pendeta Siwa dan pertapa.

3.  Perkawinan antaragama. Contohnya adalah perkawinan Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya yang beragama Hindu Siwa dan Pramodawardhani dari Wangsa Sailendra yang beragama Buddha Mahayana.

Post a Comment for "Berdasarkan riwayat kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara, tuliskan minimal tiga fakta yang mencerminkan adanya toleransi beragama dalam kerajaan"